Biodata Tim Curacao yang akan melawan Indonesia di Laga FIFA Matchday

Indonesia akan kembali ke permainan. Tim merah putih akan menghadapi Curaçao dalam uji coba hari pertandingan FIFA.

Apa profil negara ini yang tidak terlalu dikenal orang Indonesia?

Klub sepak bola pertama Curacao didirikan pada tahun 1909, ketika negara kepulauan itu hanya memiliki 25.000 penduduk dan tidak ada lapangan sepak bola yang terlihat.

Bahkan, pertandingan pertama Republik CVV (namanya saat itu) melawan Marinir Belanda berlangsung di taman Gereja St. Famia. Kakak laki-laki yang juga seorang guru sekolah, memainkan peran penting di tahun-tahun awal, termasuk membuka lahan untuk membangun lapangan olahraga.

Kemudian pada tahun 1921, Federasi Sepak Bola Curacao (Curacao se Voetbal Bond) CVB membentuk dan menyelenggarakan Kejuaraan Curacao pertama dengan delapan klub yang berpartisipasi.

Sepak bola di Curacao sedang booming. Keberhasilan tim nasional mereka memenangkan Piala Karibia dan mencapai perempat final Piala Emas berdampak positif bagi Curaçao secara keseluruhan.

Tim nasional putra yang dipimpin oleh pelatih legendaris Gus Hiddink juga telah memberikan inspirasi bagi tim muda nasional mereka dengan lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Beberapa nama terkenal di Tanah Air antara lain: Leandro Bacuna, Rangelo Janga, Juninho Bacuna, Eloy Room, Cuco Martina, Brandley Kuwas, Curnon Anita, Elson Hooi hingga Jurien Gaari.

Terakhir, posisi negara berpenduduk sekitar 160.000 jiwa ini menduduki peringkat ke-84 oleh FIFA.

memperbesar
Pemain Timnas Indonesia U-19 memberi hormat kepada pendukungnya saat pertandingan Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriots Kanderbaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022).

Belakangan ini, desakan timnas Indonesia untuk bergabung dengan EAF beredar di media sosial.

Hal ini tak lepas dari insiden tak memuaskan di Piala AFF U-19 2022 dan kalahnya timnas U-19 Indonesia.

Pendukung turun ke media sosial untuk berbicara tentang kepergian PSSI dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

EAFF dinilai sebagai liga yang tepat untuk mengembangkan timnas Indonesia karena menaungi tim-tim langganan Piala Dunia seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan Korea Utara.

Bahkan, para penggemar juga sudah “berjajak” dengan EAFF melalui akun Instagram resmi East Asian Football Association.

Mereka mendominasi kolom komentar EAFF dan mengajak Indonesia bergabung. Tak hanya itu, followers Instagram EAFF pun meningkat pesat dan drastis, kini mencapai 11.000.

Menariknya, melalui akun Instagramnya, EAF mengirimkan pesan berupa ucapan selamat kepada suporter Timnas Indonesia yang menghadapi tekanan untuk keluar dari AFC.

Sambutan ini datang dari banyak netizen Indonesia yang mengikuti akun Instagram resmi EAFF @EAFF_Official.

Kekuatan netizen Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Bukti sudah ada. Diantaranya adalah klub-klub dari negara-negara Asia Timur yang merekrut pemain dari Indonesia.

Akun Instagram Ansan Greeners melejit sejak diperkenalkannya pemain muda Indonesia, Asnawi Mangkualam. Begitu pula Tokyo Verdy saat membawa Pratama Arhan.

Rahmat Irianto (No. 13) mencetak gol kedua Indonesia pada laga pembuka Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (6 Agustus 2022) di Jaber Ahmed International Stadium, Kuwait City. malam wib. Berkat gol Irianto, Indonesia menang 2-1.

EAFF adalah Federasi Sepak Bola Asia Timur, didirikan pada 28 Mei 2002. EAF saat ini memiliki 10 asosiasi anggota, dipimpin oleh Du Zhaocai dari China.

Ke-10 negara anggota tersebut adalah China, China Taipei, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Makau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Dari 10 negara tersebut, hanya Kepulauan Mariana Utara yang tercatat bergabung pada 2008. Ini karena 9 negara lain bergabung sejak awal, pada tahun 2002.

Dibandingkan AFF, EAFF pasti lebih besar karena memiliki tiga negara yang saat ini berada di peringkat teratas dunia.

Mereka adalah Jepang (24), Korea Selatan (28) dan China (78). Sementara itu, negara lain berada di peringkat 100-200 oleh FIFA.

Seperti AFC, Konfederasi Sepak Bola Asia Timur juga memiliki kompetisi regional, Piala AFC, yang telah diselenggarakan sejak 2003.

Korea Selatan telah memenangkan kejuaraan sebanyak lima kali (2003, 2008, 2015, 2017 dan 2019), menjadikannya tim tersukses.

Diikuti oleh China dengan dua gelar (2005 dan 2010) dan Jepang dengan satu (2013).

Tiga pemain Belanda ikut dalam latihan timnas U-19 Indonesia. Mereka adalah Jim Croque, Max Christoffel dan Kai Boham. Di bawah ini adalah foto bersama ketiga pemain saat latihan di Stadion Madia Jakarta.

Bergabung dengan EAFF dapat mengangkat level sepakbola Indonesia. Pasalnya, Federasi Sepak Bola Asia Timur dipenuhi raksasa Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, dan China.

Sebanyak empat negara telah mendaftar untuk Piala Dunia. Kualitas dan pengalaman pemain Indonesia bisa ditingkatkan dengan menghadapi tim-tim yang levelnya lebih tinggi. Juga, itu dapat meningkatkan peringkat FIFA.

Selain itu, pemain potensial Indonesia juga akan rentan diawasi oleh klub-klub dari negara-negara di kawasan Asia Timur.
Mau PSSI?

Pada Senin (7 Januari 2022), Presiden PSSI Mochamad Iriawan menanggapi usulan fans dan netizen Indonesia untuk bergabung dengan EAFF saat mengumumkan surat protes PSSI kepada AFF atas pertandingan Thailand-Vietnam.

Iriawan mengatakan PSSI masih menunggu Komdis AFF untuk mengusut permainan yang dinilai tidak adil itu.

“Tidak ada match-fixing. Jika tidak terbukti, maka tidak ada masalah. Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena dianggap cocok,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.