Piala dunia akan segera digelar! jangan lupa untuk nonton!

Piala Dunia adalah acara impian hampir setiap pemain sepak bola profesional. Pemain dari muda hingga tua ingin berada dalam permainan.

Beberapa pemain kesulitan membobol skuat timnas dan tampil di Piala Dunia. Namun, ada beberapa yang mampu mencicipi momen mulia ini di usia yang masih sangat muda.

Meski masih remaja, mereka telah mendapat kepercayaan dari negara. Anak muda itu bahkan tidak malu untuk berteman dengan pemain yang jauh di atas mereka atau menghadapi lawan.

Meski awalnya masyarakat mengira mereka hanya suplemen, para pemuda ini mampu membuktikan kualitasnya. Bahkan di antara para remaja ini, ada orang yang langsung menjuarai Piala Dunia di usia muda.

Berikut adalah 5 pemain termuda yang melakukan debut Piala Dunia di usia muda. Impian anak-anak muda ini untuk berpartisipasi di Piala Dunia segera terwujud.

Norman Whiteside beruntung memiliki seorang guru dengan bintang Irlandia Utara George Best. Kedua pemain tersebut bahkan pernah memperkuat klub yang sama, Manchester United.

Alhasil, pemain berusia 17 tahun itu melakukan debutnya melawan Yugoslavia di Piala Dunia 1982. Irlandia Utara bahkan bisa mencapai perempat final.

Sayangnya, karier Whiteside sebagian besar terkait dengan cedera. Whiteside hanya membuat dua penampilan tim senior untuk Setan Merah dan menjadi pencetak gol termuda klub pada hari terakhir musim 1981/1982.

Mantan striker tim nasional Kamerun Samuel Eto. (c) Foto AP

Remaja Kamerun Samuel Eto’o telah mencapai hasil yang sama 16 tahun setelah Whiteside melakukan debutnya di Piala Dunia. Meski baru berusia 17 tahun, dia bisa bermain di Piala Dunia.

Sayangnya, di laga pembuka itu, Kamerun kalah 0-3 dari Italia. Bahkan, ia hanya tampil selama 24 menit pada 1998, namun kemudian menjadi bintang di Kamerun.

Eto’o menjadi pencetak gol terbanyak Kamerun. Dia juga membawa medali emas sepak bola Olimpiade ke Kamerun.

Nigeria tampil mengecewakan di Piala Dunia 2002 karena mereka tersingkir dari babak penyisihan grup. Mereka telah kalah dua kali dalam dua pertandingan pertama mereka melawan Argentina dan Swedia.

Namun, dalam pertandingan ketiga mereka melawan Inggris, Nigeria membuat sejarah. Mereka menghadapi Femi Opabunmi, pemain yang masih berusia 17 tahun, untuk bermain imbang dengan Inggris.

Kemampuan Oba Wenmi memang layak masuk tim utama, bahkan banyak klub besar yang mengejarnya. Dia terpaksa pensiun dari sepak bola karena masalah glaukoma yang membuatnya buta di satu mata.

Piala Dunia 1998 menjadi ajang para pemain muda Kamerun. Enam hari sebelum debut Eto’o, Salomon Orembe menjadi pemain termuda Kamerun di Piala Dunia.

Dia juga menjadi pemain tim nasional termuda Kamerun ketika dia melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Inggris di Wembley. Dia baru berusia 16 tahun saat itu.

Orembe juga terkesan saat bermain untuk Nantes di Ligue 1. Kemampuannya terus berkembang hingga Piala Dunia 1998.

Bailey (c) AFP

Pele tak hanya masuk dalam daftar pemain termuda di Piala Dunia. Dia bahkan membuat sejarah dengan memenangkan Piala Dunia pertamanya untuk Brasil.

Bailey melakukan debut Soviet di babak penyisihan grup dan memberikan assist. Dia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia di perempat final dan membawa Brasil meraih kemenangan 1-0 atas Wales.

Di semifinal, Pele bahkan mencetak hat-trick ke gawang Prancis. Di final, Swedia harus mencicipi dua gol Pele hingga Brasil meraih gelar Piala Dunia pertama mereka setelah menang 5-2 atas tuan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.